JURNAL MONOLOG
Modul 3.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual – Pengambilan
Keputusan sebagai Pemimpin
Pembelajaran
Setelah mengikuti Program Guru Penggerak, banyak hal baik yang saya dapatkan, antaranya membuka wawasan, belajar berbagai materi yang tentu sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalankan peran sebagai guru, bermanfaat bagi komunitas sekolah secara umum dan tentu yang terpenting, memberikan dampak positif yang berpihak pada murid.
-
Yang
paling utama adalah membangun komunikasi melalui diskusi bersama Kepala
Sekolah, rekan guru, termasuk peserta didik, sosialisasi berbagai materi yang
didapatkan dalam Program Guru Penggerak, sharing dengan rekan kerja melalui
komunitas praktisi, dan berkolaborasi dengan semua warga sekolah terkait
berbagai rencana, berbagai kegiatan dan hal lain yang ada kaitannya dengan
pembelajaran.
2. Apa langkah-langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
-
Ketika
kita menghadapi situasi yang mengandung banyak dilema, dan berkonflik antara
niiai-nilai kebajikan universal yang sama-sama benar, membutuhkan pemikiran,
pertimbangan, bahkan rujukan untuk dapat mengambil satu keputusan yang tepat.
Nah, langkah-langkah apa yang
dilakukan dalam mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
-
Yang pertama tentu mengacu pada prinsip-prinsip etika
itu sendiri yang berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang
disepakati dan disetujui bersama, lepas dari latar belakang sosial, bahasa,
suku bangsa, maupun agama.
-
Yang
kedua, mengenali dan memahami dengan benar berbagai permasalahan yang
mengandung dilema, apakah itu dilema etika ataukah bujukan moral?
Selanjutnya bujukan moral dimana
seseorang harus mengambil satu keputusan antara benar vs salah.
-
Yang
ketiga, memahami pola, model atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema
etika.
Apakah itu individu lawan masyarakat,
rasa keadilan lawan rasa kasihan, kebenaran lawan kesetiaan, dan jangka pendek
lawan jangka panjang.
- Yang keempat, menentukan prinsip
dilema etika yang tepat sesuai kondisi dan situasi yang sedang terjadi.
- Yang kelima, memahami dan
menerapkan 9 langkah pengujian pengambilan keputusan.
3.
Kapan akan menerapkan langkah-langkah tersebut?
Bagi saya,
langkah tersebut harus dimulai dari sekarang.
- Langkah-langkah yang saya akan
lakukan, yaitu :
*
Sharing dengan teman guru tentang berbagai permasalahan yang tengah dihadapi di
sekolah,baik terkait dengan peserta
didik maupun permasalahan terkait pekerjaan kita sebagai pendidik.
*
Memetakan berbagai permasalahan yang terjadi di sekolah, apakah mengandung
unsur dilema etika atau bujukan moral.
* Mengomunikasikan
rencana sosialisasi sekaligus minta izin kepada kepala sekolah untuk mengadakan
sosialisasi bersama teman guru mengenai langkah-langkah pengambilan keputusan
sebagai pemimpin pembelajaran.
* Bersama teman menerapkan pengambilan
keputusan berdasarkan dilema yang sedang dihadapi.
*
Melakukan evaluasi.
4. Siapa yang akan menjadi
pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran?
- Dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran, saya tidak
sendiri tetapi melibatkan pihak lain yang terkait.
Siapa saja pihak tersebut?
- Tergantung permasalahan yang terjadi,
bisa teman guru, kepala sekolah, maupun orang tua peserta didik ataupun pihak
lain yang terkait.
Tabel Rencana Implementasi Program Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
No. |
Rencana Program |
Jadwal/Waktu |
Keterangan |
1 |
Sharing
dan kolaborasi dengan rekan sejawat
dalam pengambilan keputusan. |
Kamis, 9 Juni 2022 |
|
2 |
Mengomunikasikan
program dengan Kepala Sekolah |
Kamis, 9 juni 2022 |
|
3 |
Sosialisasi
dengan peserta didik tentang pengambilan keputusan |
Sabtu, 11 Juni 2022 |
|
Komentar
Posting Komentar