JURNAL MONOLOG

 

Modul 3.1.a.7 Demonstrasi Kontekstual – Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin   

 Pembelajaran

 

Pendidikan Guru Penggerak adalah salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dapat mengubah pola pikir guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Setelah mengikuti Program Guru Penggerak, banyak hal baik yang saya dapatkan, antaranya membuka wawasan, belajar berbagai materi yang tentu sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalankan peran sebagai guru, bermanfaat bagi komunitas sekolah secara umum dan tentu yang terpenting, memberikan dampak positif yang berpihak pada murid.


1.   Bagaimana seorang Guru Penggerak mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang          didapatkan dalam Program Guru Penggerak?

-   Yang paling utama adalah membangun komunikasi melalui diskusi bersama Kepala Sekolah, rekan guru, termasuk peserta didik, sosialisasi berbagai materi yang didapatkan dalam Program Guru Penggerak, sharing dengan rekan kerja melalui komunitas praktisi, dan berkolaborasi dengan semua warga sekolah terkait berbagai rencana, berbagai kegiatan dan hal lain yang ada kaitannya dengan pembelajaran.

2.     Apa langkah-langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

-   Ketika kita menghadapi situasi yang mengandung banyak dilema, dan berkonflik antara niiai-nilai kebajikan universal yang sama-sama benar, membutuhkan pemikiran, pertimbangan, bahkan rujukan untuk dapat mengambil satu keputusan yang tepat.

Nah, langkah-langkah apa yang dilakukan dalam mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

-   Yang pertama tentu mengacu pada prinsip-prinsip etika itu sendiri yang berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dan disetujui bersama, lepas dari latar belakang sosial, bahasa, suku bangsa, maupun agama.

-  Yang kedua, mengenali dan memahami dengan benar berbagai permasalahan yang mengandung dilema, apakah itu dilema etika ataukah bujukan moral?

Dilema etika adalah kondisi dimana seseorang harus mengambil satu keputusan dari yang benar vs benar. Hal ini memang sangat sulit karena kedua-duanya sama-sama benar.

Selanjutnya bujukan moral dimana seseorang harus mengambil satu keputusan antara benar vs salah.

-   Yang ketiga, memahami pola, model atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika.

Apakah itu individu lawan masyarakat, rasa keadilan lawan rasa kasihan, kebenaran lawan kesetiaan, dan jangka pendek lawan jangka panjang.

- Yang keempat, menentukan prinsip dilema etika yang tepat sesuai kondisi dan situasi yang sedang terjadi.

- Yang kelima, memahami dan menerapkan 9 langkah pengujian pengambilan keputusan.

3.  Kapan akan menerapkan langkah-langkah tersebut?

      Bagi saya, langkah tersebut harus dimulai dari sekarang.

       -  Langkah-langkah yang saya akan lakukan, yaitu :

             * Sharing dengan teman guru tentang berbagai permasalahan yang tengah dihadapi di   sekolah,baik terkait dengan peserta didik maupun permasalahan terkait pekerjaan kita sebagai pendidik.

             * Memetakan berbagai permasalahan yang terjadi di sekolah, apakah mengandung unsur dilema etika atau bujukan moral.

             * Mengomunikasikan rencana sosialisasi sekaligus minta izin kepada kepala sekolah untuk mengadakan sosialisasi bersama teman guru mengenai langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

             * Bersama teman menerapkan pengambilan keputusan berdasarkan dilema yang sedang dihadapi.

              * Melakukan evaluasi.

   4.  Siapa yang akan menjadi pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?

          - Dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, saya tidak  sendiri tetapi melibatkan pihak lain yang terkait.

                Siapa saja pihak tersebut?

-   Tergantung permasalahan yang terjadi, bisa teman guru, kepala sekolah, maupun orang tua peserta didik ataupun pihak lain yang terkait.   


Tabel Rencana Implementasi Program Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran


No.

Rencana Program

Jadwal/Waktu

Keterangan

    1

Sharing dan kolaborasi  dengan rekan sejawat dalam pengambilan keputusan.

          Kamis, 9 Juni 2022

 

    2

Mengomunikasikan program dengan Kepala Sekolah

         Kamis,  9 juni 2022

 

    3

Sosialisasi dengan peserta didik tentang pengambilan keputusan

       Sabtu,  11 Juni 2022

 

 





Indo Umi
CGP Angkatan 4
Kab. Wajo
Sulawesi Selatan

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini